twitter

Kamis, 07 April 2011

Tips and Trik menghadapi interview

Bagi anda yang sedang mempersiapkan diri menghadapi wawancara (interview) dalam rangka melamar sebuah pekerjaan, ada baiknya sedikit memperhatikan hal berikut :

 A. Persiapan awal

Persiapkan Fisik
Ketika anda telah menerima pemberitahuan atau undangan untuk interview pastikan anda benar-benar menjaga kondisi fisik semaksimal mungkin. Kondisi fisik akan sangat mempengaruhi pada semua unsur pendukung keberhasilan interview anda.

Persiapkan Mental
  1. Bila anda sedang mempunyai sedikit masalah yang mengganggu pikiran anda, sekecil apapun masalah itu sebaiknya anda abaikan dulu.Ingat ini adalah pekerjaan yang sedang anda tunggu, hal sekecil apapun yang menghambat anda maka akan mempengaruhi masa depan anda. "kesempatan tidak datang dua kali".
  2. Tenangkan diri , jangan pernah menjadikan  interview sebuah beban berat bagi anda.Relax, jangan membayangkan suasananya, jangan memikirkan soal saingan2 yang datang, jangan menerawang terlalu jauh soal interview karena itu akan membuat anda tampil nervous (gugup).
Persiapkan isi kepala anda (hehehe)
Ini yang paling menentukan pada penampilan akhir interview anda, Be smart.....
  1. Berkas Lamaran,   Pelajari semua isi berkas lamaran yang pernah anda kirimkan ke perusahaan yang bersangkutan. Terutama daftar riwayat hidup atau curriculum vitae Anda. Berikan perhatian extra pada riwayat pendidikan dan riwayat pekerjaan anda,kuasai dengan maksimal point-point pada kedua hal tersebut. 
  2. Siapkan  busana yang akan anda pakai, perhatikan surat panggilan interview yang anda terima. Biasanya ada beberapa perusahaan yang mengharuskan peserta interview mempergunakan busana tertentu.Bila tidak ada pemberitahuan tentang hal tersebut, maka persiapkanlah busana anda sendiri, bebas,sopan,dan rapi (ingat,bila anda merasa salah kostum, itu akan membuat anda tidak nyaman sehingga membuyarkan konsentrasi yang telah anda persiapkan sebelumnya).
  3. Siapkan perlengkapan untuk wawancara esok hari, seperti ballpoint, tas, 'note book', dll.
  4. Bila memungkinkan,sehari sebelumnya anda sudah harus tahu lokasi  tempat anda akan di interview,ini menghindari keterlambatan kedatangan anda dan lagi bila diawal anda sudah merasa dikejar kejar waktu maka kelanjutannyapun akan tidak baik.Debaran jantung yang terlalu cepat, mempengaruhi kondisi mental anda.
B.It's Show Time
  1. Bangunlah lebih awal untuk melakukan persiapan akhir keberangkatan Anda. Lakukan sarapan secukupnya, tidak terlalu kenyang juga tidak terlalu sedikit,buat perut anda nyaman.Dan ingat, sarapan cukup penting karena ini adalah  supply energi yang berpengaruh pada wawancara yang anda hadapi nanti. Tidak terbayangkan jadinya jika saat wawancara berlangsung kepala anda pusing dan perut mual karena perut kosong.
  2. Setibanya di tempat tujuan,  perhatikan dan rapihkan penampilan Anda, pergilah ke toilet untuk melakukan semua persiapan akhir pada pemampilan anda.Setelah itu, sambil menunggu giliran, tampilah se-relax mungkin, tarik nafas, cobalah berbaur dengan sekeliling, jangan terlalu over, jangan terlalu banyak bicara untuk berinteraksi dengan sesama peserta lain,seperlunya saja.
  3. Bila sudah waktunya anda dipanggil untuk masuk, perhatikan hal-hal berikut ini :
  • Menit-menit awal pertemuan / interview adalah momen terpenting. Kesan awal akan
    menetapkan pandangan sang interviewer selama proses unetrview
    berlangsung. Ucapkan salam (selamat pagi,siangatau sore), jabat tangan  interviewer dengan mantap (tidak menggenggam terlalu keras tidak juga terlalu lemas), jangan duduk sebelum
    dipesilahkan. 
  •  Jangan lupa untuk men-silentkan handphone atau bila perlu matikan aja.
  •  Be calm. Take your time before answering the question., setiap kali menghadapi sebuah pertanyaan,simak baik-baik dan  pikir dulu dengan baik dalam waktu yang singkat  sebelum menjawab.
  • Tunjukkan energi dan rasa percaya diri yang tinggi, namun jangan berkesan sombong atau takabur. Banyak yang gagal hanya lantaran berkesan sombong, takabur, atau sok tahu.
  • Be confident (but not over confident). Jangan merasa minder apabila
    diiterview seorang direktur atau Manager. Mereka juga pernah dalam
    posisi kita, dan kita juga harus yakin bahwa suatu ketika kita bisa
    menggantikan posisi mereka. Tapi ingat, jangan sampai terkesan arogan.
  • Gunakan bahasa formal, bukan bahasa prokem atau bahasa gaul; kecuali anda diwawancarai untuk mampu menggunakan bahasa tersebut.
  • Maintain eye contact . tatap mata sang interviewer. Jika sulit melakukannya, lihat dan fokuskan
    pandangan mata pada titik di antara kedua mata interviewer. Dengan
    eye contact ini, kita akan terlihat percaya diri dan optimis.
  • Keep your posture (bahasa tubuh). Jika anda duduk, jangan terlalu sering
    mengganti posisi. Jangan menyilangkan tangan dan kaki.  Jika posisi anda berdiri (presentasi), jangan
    membelakangi interviewer, jangan  terlalu banyak berjalan mondar-mandir,
    berdirilah dengan  tegak dan yakin.
  • Do not say things that you aren’t sure about. Jangan sekali kali mengucapkan sesuatu yang sebenarnya kurang anda pahami Sekali lagi, pikirkan dulu apa yang akan dikatakan.
  • Jawablah semua pertanyaan dengan straigtforward, singkat,padat, jelas, jangan bertele-tele, apalagi berkesan lebay..xixixi
  • Tanyakan kembali jika ada pertanyaan yang tidak dimengerti atau ketika terdengar kurang jelas.
  • Bila anda di ijinkan untuk bertanya maka ajukanlah beberapa pertanyaan bermutu di seputar pekerjaan anda dan bisnis perusahaan tersebut secara umum.
  • Saat interview selesai, tanyakan apa yang harus anda lakukan selanjutnya, ucapkan terimakasih atas kesempatan wawancara yang telah diberikan, jabat tangan interviewer, dan melangkahlah keluar ruangan dengan langkah yang berkesan sopan (jangan pernah merasa terburu-buru untuk keluar ruangan)  .      
Semoga bermanfaat, semoga interview anda lancar.....and..GOOD LUCK

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar